Minggu, 27 Januari 2013

Makna Kembar Mayang





















Dalam dekorasi pernikahan Jawa, pasti akan ditemui bagian yang dinamakan kembar mayang. Kembar mayang merupakan rangkaian hiasan yang terbuat dari rangkaian daun kelapa yang masih muda atau yang di sebut janur dengan hiasan buah-buahan dan juga bunga. Sebagaimana namanya, yaitu kembar mayang, maka jumlah komponen ini selalu berjumlah dua buah.

Pada adat pernikahan Jawa, kehadiran kembar mayang ini bukan sekadar sebagai bagian dekorasi pernikahan Jawa semata. Namun terdapat makna mendalam di balik kehadiran kembar mayang tersebut. Makna tersebut bukan hanya ada ketika prosesi pernikahan berlangsung saja. Namun makna tersebut sudah hadir ketika prosesi pernikahan belum berlangsung, selama prosesi dan setelah prosesi pernikahan itu selesai.

Awal mulanya, kembar mayang hanya hadir pada pesta pernikahan keluarga kerajaan saja. Namun karena keberadaannya yang dianggap penting, maka dalam setiap prosesi pernikahan dengan menggunakan adat Jawa kembar mayang merupakan bagian yang harus selalu ada.

Tujuan Kembar Mayang

Selain sebagai bagian dari prosesi pernikahan, kembar mayang juga digunakan untuk beberapa upacara lain. Di antaranya yang menggunakan kembar mayang sebagai kelengkapan prosesi upacara tersebut adalah :

* Untuk upacara temu penganten
* Sebagai media penolak bahaya atau tolak balak
* Prosesi pelantikan jabatan seseorang
* Penghormatan pada seseorang yang dianggap sebagai pahlawan.

Kembar Mayang Dalam Pernikahan

Fungsi kembar mayang sendiri dalam prosesi pernikahan memiliki beberapa arti yang mendalam. Di antaranya adalah sebagai pesan kepada sang pengantin, untuk selalu bisa mempertahankan keutuhan rumah tangganya sesulit apapun halangan yang dihadapi.

Hal ini terkait dengan prosesi pembuatan kembar mayang yang harus melalui serangkaian syarat. Di antaranya bahwa pembuatan kembar mayang, harus dilakukan dengan tulus ikhlas dan sepenuh hati serta menggunakan bahan-bahan terbaik.

Selain itu, mengerjakan kembar mayang harus dilakukan dalam satu waktu dan tidak boleh ditunda. Ini menyiratkan simbol bahwa pernikahan haruslah dilakukan sekali seumur hidup. Demikian pula syarat lain bahwa pembuatan kembar mayang harus dilakukan di tempat yang paling baik.

Ini menyimbolkan bahwa pernikahan harus dilakukan dengan hati yang penuh cinta kasih. Demikian pula, syarat do’a yang harus ada ketika mulai pembuatan dan setelah selesai pembuatan kembar mayang. Maknanya adalah, setiap aktivitas haruslah diawali dan diakhiri dengan do’a.

5 komentar:

  1. Maaf mas, bisa minta tolong kasih tahu mengenai buku yang membahas kembar mayang secara detail tidak?
    kalau mas tahu bisa minta tolong kirim judul dan pengarang di e-mail saya isticart@ymail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. isi artikel yg menarik dan penjelasan yg detail dan singkat
    maaf sekalian ngasih info nih, kalo ada yang mw pesen paket pernikahan murah disini aja, ada berbagai macam paket pernikahan, dan suasana tradisi jawa sampai modern, kami jg menerima catering dari nasi box sampai prasmanan, cek link yaa :)
    Terimakasih..

    http://www.bumentik.com

    BalasHapus
  3. artikel bagus gan. boleh minta sumbernya? tolong kirim email ke fauziraf5@gmail.com ... trima kasih

    BalasHapus
  4. Nice article.
    Saya kebetulan punya pengalaman serem terkait kembar mayang. Saya tulis di sini:

    https://azkiarafanada.blogspot.co.id/2017/10/pengalaman-mistis-karena-lupa-membuang.html

    BalasHapus
  5. Tolong kirimkan referensi buku yang membahas tentang kembar mayang. Ke email saya eriskapermatasari03@gmail.com terimakasih

    BalasHapus